6 Jenis Tanaman Herbal untuk Bantu Redakan Stres dan Rasa Cemas

Merdeka.com – Anda pasti pernah merasakan stres dan cemas dalam hidup, yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Seperti beban dan tekanan pekerjaan yang menumpuk, anak yang sedang rewel jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, atau deadline tugas dan ujian yang susul menyusul jika Anda adalah seorang pelajar.

Mereka yang memiliki kecemasan terkadang mempertimbangkan pengobatan herbal sebagai alternatif obat resep dari dokter. Ini mungkin karena beberapa obat, misalnya beta-blocker atau benzodiazepin, dapat memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Terlebih, beberapa jenis tanaman herbal telah diketahui memiliki efek menenangkan dan terbukti keampuhannya sejak zaman dahulu.

Melansir dari medicalnewstoday, berikut ini adalah rekomendasi 6 jenis tanaman herbal yang berguna untuk membantu mengurangi stres dan rasa cemas berlebih bagi Anda yang sedang merasakannya. Tidak ada salahnya untuk menanam atau membeli beberapa jenis tanaman herbal ini dan meletakkannya di sekitar tempat tinggal Anda.

1. Chamomile

Chamomile adalah jenis tanaman herbal pertama yang dapat membantu mengurangi stres dan rasa cemas Anda, melansir dari ndtv.com. Chamomile telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu oleh orang Yunani dan Romawi kuno sebagai obat herbal yang memberikan efek menenangkannya.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa chamomile tidak hanya bertindak sebagai ramuan relaksasi, tetapi juga membantu mengurangi kecemasan. Sebagian besar kualitas relaksasi chamomile disebabkan oleh fenolat seperti flavonoid, kuinon, asam fenolik, dan senyawa antioksidan lain yang ada di dalam tanaman. Jenis tanaman herbal ini juga membantu mengurangi stres terkait hilangnya nafsu makan dan sakit kepala.

2. Ashwagandha

Ashwagandha adalah jenis tanaman herbal kedua yang baik untuk membantu meredakan stres dan mengurangi rasa cemas. Ashwagandha adalah ramuan peremajaan yang membantu tubuh mengatasi stres fisik dan emosional.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Psychological Medicine, ashwagandha membantu menurunkan kadar kortisol atau hormon stres. Kadar kortisol dapat meningkat ketika seseorang sedang stres.

Hal ini menyebabkan hormon dan neurotransmitter lain menjadi tidak seimbang, yang menyebabkan gejala seperti kecemasan, depresi, dan kurang tidur. Asupan ashwagandha secara teratur dapat membuat seseorang merasa kurang stres dan tenang secara mental.

3. Lavender

Lavender adalah jenis tanaman herbal legendaris ketiga yang dapat membantu meredakan stres dan mengurangi rasa cemas secara signifikan. Lavender adalah ramuan yang telah digunakan sejak berabad-abad sebagai obat alami untuk kecemasan dan stres. Penggunaan lavender yang paling umum adalah dalam bentuk minyak esensial lavender untuk aromaterapi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pijatan menggunakan minyak lavender tidak hanya mengurangi tingkat kecemasan tetapi juga menanamkan kepositifan. Lavender dipercaya bertindak sebagai obat penenang di pusat-pusat yang berhubungan dengan emosi di otak, sehingga mengurangi perasaan stres dan kecemasan. Lavender juga mengurangi tingkat kortisol atau hormon stres.

4. Jahe

Jahe adalah jenis tanaman herbal ke empat yang dapat membantu meredakan stres dan rasa cemas. Jahe adalah ramuan aromatik yang telah lama digunakan dalam sistem penyembuhan tradisional sebagai obat alami untuk mengatasi kecemasan.

Kandungan Gingerol, antioksidan dalam jahe, membantu menangkal bahan kimia berbahaya yang diproduksi tubuh saat Anda sedang stres. Stres terkadang dapat menyebabkan sakit perut karena produksi asam lambung yang penting untuk pencernaan terhambat. Jahe juga dapat membantu dengan merangsang produksi asam lambung.

5. Lemon Balm

Lemon balm adalah jenis tanaman herbal kelima untuk mengatasi stres dan rasa cemas berlebih pada diri. Lemon balm adalah ramuan dari keluarga mint dan memiliki aroma lemon yang lembut. Lemon balm adalah tanaman relaksasi dan peningkat suasana hati yang kuat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemon balm memiliki efek menenangkan dan anti-kecemasan. Tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati insomnia, gangguan pencernaan, demensia dan penyakit Alzheimer.

6. Brahmi

Brahmi adalah jenis tanaman herbal tradisional asal India. Brahmi telah lama digunakan oleh praktisi medis Ayurveda untuk meningkatkan daya ingat, mengurangi kecemasan, dan mengatasi masalah kesehatan lainnya.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tanaman Brahmi dapat meningkatkan fungsi otak, dan juga berperan dalam mengurangi kecemasan dan stres. Selain itu, tanaman memiliki kandungan antioksidan kuat yang dapat bermanfaat dalam mengobati kondisi kesehatan kronis lainnya seperti diabetes dan kanker.

Sumber : merdeka.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top